fbpx

Nariyah Herbal

lemak by nariyah herbal

Jarang diketahui, 5 Daftar Makanan yang Mengandung Lemak jenuh

Nariyahherbal – Dari banyak Jenis kandungan makanan, Salah satunya adalah lemak. Lemak adalah senyawa kimia tidak larut air yang yang dibutuhkan oleh tubuh sama seperti protein dan karbohidrat. Lemak akan sangat mengganggu dan membahayakan jika jumlahnya terlalu berlebihan. lemak tubuh dibutuhkan untuk menjalankan fungsi fungsi tubuh agar berjalan dengan sehat.

Ada beberapa jenis lemak dan semuanya baik untuk tubuh asal dapat dikontrol, dari beberapa lemak, ada jenis lemak yang harus bisa dikurangi jumlahnya dalam tubuh karena jika terus menerus akan sangat berbahaya pada tubuh yaitu lemak jenuh.

Dalam sudut pandang kimia, lemak jenuh adalah molekul lemak yang tidak memiliki rantai ganda dengan molekul karbon. karena jenis lemak ini jenuh dengan molekul hidrogen. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak.

cara terbaik untuk tetap sehat adalah menghindari mengkonsumsi berlebihan jenis lemak  ini. dari artikel ini kami akan membahan 5 daftar makanan yang mengandung lemak jahat. dan dari 5 daftar makanan mengandung lemak ini justru sering kita jumpai sehari hari. berikut adalah daftar makanan yang banyak megandung lemak jahat:

  1. Daging Merah
    Di daftar pertama adalah Daging merah,seperti daging sapi dan kaming memiliki lemak tinggi jenuh. Mengkonsumsi daging tinggi lemak tersebut setiap hari dapat membuat kadar kolesterol bertambah. ada bagian bagian yang mengandung banyak lemak contohnya Terutama di bagian daging yang mengandung banyak lemak, seperti sirloin, rib eye, dan T-bone.

    Untuk dapat menurunkan menurunkan risikonya, anda bisa memilih bagian daging yang mengandung sedikit lemak agar kadar kolesterol tidak naik setelah mengkonsumsi daging, terutama jika mempunyai kadar kolesterol tinggi.
  2. Coklat Hitam
    Makanan yang satu ini juga mengandung lemak jenuh, padahal coklat adalah makanan yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, tapi adakalanya kita harus mengurangi jumlah konsumsi coklat sebab coklat juga mengandung lemak jenuh.
    Coklat mengandung lemak jenuh sekitar 162 persen DV atau 32 gram per 100 gram nya. untuk dapat menikmati coklat tanpa perlu khawatir, kita perlu mengatur konsumsi coklat perharinya.
  3. Minyak
    Minyak digunakan sebagai media untuk menggoreng sesuatu. Minyak tjuga ermasuk bahan makanan kaya akan kandungan  lemak yang jenuh. Hal ini terjadi karena pada minyak terdapat ikatan karbon yang sudah terkena efek jenuh dari ikatan hidrogen. Kadar lemak jenuh yang terdapar pada minyak adalah 433 persen DV per 100 gram, jumlah yang tentunya sangat tinggi.

    kurangi konsumsi makanan yang berminyak atau gorengan, kita bisa mengganti cara memasak kita dengan cara di kukus atau di rebus. cara ini sangat efektif untuk mengurangi makanan yang di goreng.

  4. Mayones
    Mayones sendiri adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama yaitu minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. selain itu Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja dan beberapa ada yang  menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

    Bahan tambahan makanan sehari-hari ini memiliki kadar  lemak yang jenuh. Pada satu sendok makan mayones saja sudah mengandung sekitar 1,5 gram lemak yang jenuh. Banyak mengkonsumsi mayones bukan hanya menambah berat badan, tetapi juga meningkatkan kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit jantung.

  5. Santan
    SSantan adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. sebenarnya santan ini memliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah penuan karena adanya kadar anti oksidan. namun santan juga di gadang gadang menjadi faktor kolesterol.
    mengkonsumsi santan berlebihan terutama dalam makanan dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan lemak atau kolesterol jahat yang membuat timbunan menjadi plak dan membuat penyumbatan pembuluh darah.

itulah 5 makanan yang mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlehihan akan membuat tubuh anda tidak sehat, semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kita ya, karena sehat itu adalah hal yang sangat kita  butuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *